Kini, setiap orang bisa seperti James Bond

5.07.2009

Deskripsi singkat

Ya, seperti tajuk yang tertera di atas, kini setiap orang bisa seperti James Bond. Setiap orang yang mampu berlagak seperti James Bond. Jika kamu pernah melihat beberapa seri film James Bond, ada hal yang tidak pernah lepas dari film ini, dari mulai Sean Connery sampai Pierce Brosnan, yakni kecanggihan gadget yang dipakai agen 007 ini.

Hal ini tentunya menjadi hal yang tak bisa lepas dari sosok agen 007 yang flamboyan dan doyan senggama. Contohnya, di film The World Is Not Enough, Bond memakai Jam tangan yang bisa mengeluarkan kawat pengait, sebuah rompi tipikal airbag, dan mobil yang kiranya hanya ada di dunia fiksi.

Dewasa ini, sudah mulai dipasarkan sebuah pena berkamera. Pena ini, tidak hanya mampu merekam suara, tapi juga merekam gambar alias video. Bentuknya yang kecil dan dijadikan sebagai kamuflase, membuatnya layak dinobatkan sebagai gadget ala Bond.

Setidaknya ada beberapa tipe dan spesifikasi pena kamera. Generasi pertama pena kamera ini masih menggunakan baterai biasa semacam baterai abc. Selenjutnya, pena kamera memakai baterai rechargeable, dari mulai seperti baterai handphone sampai solar cell.

Generasi pertama camera pen terbilang payah karena bisa dibilang masih dalam taraf percobaan atau trial. Jenis kamera yang digunakan adalah kamera CMOS. Resolusinya rendah, hasil rekamannya patah-patah dan tidak jernih.

Generasi kedua masih menggunakan kamera CMOS camera, tapi resolusinya sudah tinggi. Hasil rekamannya pun lebih jernih.

Generasi ketiga, sudah memakai kamera CCd Camera, resolusi yang lebih tinggi dari generasi kedua. Kualitas rekam gambarnya pun bisa sampai 25 frame per second.

Berikut adalah spesifikasi jenis pena kamera buatan Amerika:



4 Channels in 2400 - 2483.5MHz

* 10mw RF Output Power

* Transmitting Range Appx: 100 Ft.

* Operates on 4 SR44W Batteries readily available

* Only 65 mA power consumption

* Pen size: 145 mm (L) x 20 mm (W) / 14.5 mm Diameter

*Transmission Frequency 4 Channels in 2400 - 2483.5MHz

RF output power 10mW (3mW in USA)

Power Consumption 65mA

Size (Dimensions)

145 mm (L) x 20mm (W) / 14.5mm (dia)

Transmitting Range 60 in LOS

Weight 35 grams

Optional video signal Colour camera or B/W camera

Included power options 1 DC9V Battery and 15 GPA batteries

Receiver Specifications:

Transmission Frequency 2.4GHz

Video input/output 1Vp-p/75 ohm

Audio input/output 0.8V/600 ohm

Antenna 60 degree directional

Operating Power DC 12V

Power Consumption 180mA

Size 150 x 88 x 40mm

Ternyata pena kamera buatan China lebih canggih lagi. Negeri Tirai Bambu itu bisa membuat pena kamera yang sekaligus mentransmisikan gambar dalam radius 20 meter. Jadi pena kemera tersebut bisa menjadi CCTV mungil.

Berikut spesifikasinya:



Receiving Frequency: 2.4GHz

Intermediate Frequency: 480Mhz

Frequency Stabilization: +/-100Khz

Demodulation Mode: FM

Antenna: 50ohm SMA

Receiving Sensitivity: 48dB

Operation Temperature: 5 ~ 35deg C

Transmission Frequency: 2414Mhz

Locked Frequency

Power Adapter: DC 5V

Dimension: 45x15x15mm(LxWxD)

Recommended Max Range for Objects: 5 Meters

Transmission Range: 10~20 Meters

Built In Microphone

Built In Rechargeable Li-ion Battery

Included Solar Charger for Recharging The Pen

Manufacturer Ref.: 526R4LJTHG64


Harga: Bervariasi dalam rentang kurang dari Rp. 1.000.000,- sampai Rp. 6.500.000,-.

Car a pemakaian

Cara pemakaian gadget ini terbilang ringkas. Anda tinggal menekan tombol On untuk menghidupkan pena ini. Selebihnya pena ini akan merekam gambar maupun suara secara otomatis. Jika pengintaian sudah selesai, tinggal tekan tombol Off. Selanjutnya data bisa ditransfer ke komputer.

Anda tidak perlu repot memakai kabel tambahan untuk pemindahan data tersebut. Tinggal lepas poros tengah pena kamera, lantas pena itu akan terbagi dua bagian (lihat gambar). Lantas anda tinggal plug in pena kamera ke komputer.

Kelebihan

Kelebihan gadget ini, pertama adalah bentuknya yang sangat compatible untuk melakukan penyamaran. Kedua, cara pemakaiannya yang praktis.

Hal di atas sangat memudahkan untuk pekerjaan investigasi bagi polisi, intelijen, maupun jurnalis. Pekerjaan yang sifatnya investigatif jelas menghadapi rintangan besar entah intu birokrasi maupun intimidasi. Pernyamaran adalah salah satu trik guna mengatasi kendala tersebut.

Tak ayal, pena kamera ini layak disebut sebagai gadget-nya James Bond.

Kekurangan

Pena kamera ini jelas mempunyai kekurangan. Hal minus itu bukan pada spesifikasi atau bentuk, tapi pada kesadaran massa akan keberadaan pena kamera ini. Ketika khalayak tahu akan keberadaan gadget tersebut, tentunya pena ini kehilangan keampuhannya dalam penyamaran. Maksud hati menyamar, malah “perampasan” yang didapat. Aparat yang ngeh tentunya akan lebih berhati-hati.

Dampak

Pena Kamera ini berpotensi untuk disalahgunakan oleh penggunanya untuk melakukan kejahatan seksual, membuka kehidupan pribadi orang lain dengan cara diam-diam tanpa izin. Bagi penggunanya mungkin memberi kegunaan tersendiri tapi bagi korban akan sangat merugikan. Namun, di sisi lain akan sangat memudahkan investigasi undercover dalam penggunaan yang tepat dan memudahkan presentasi dalam berbagai hal. Di saat kesulitan untuk mendapatkan rekaman atau gambar, adanya pena kamera memudahkan rekaman dan pengambilan gambar. Dengan harganya yang terjangkau, masyarakat dapat membeli dan menggunakannya tanpa merogoh kocek terlalu dalam. Bukan tidak mungkin jika sukses, pena kamera ini bisa dikembangkan oleh pengembang untuk dijadikan sebuah gadget teknologi yang lebih baik.

0 Comments: