Stadion Siliwangi (Galeri Foto)

6.04.2009

Stadion Siliwangi
Jl. Lombok

Pada awalnya, Stadion Siliwangi ditujukan untuk memperingati peristiwa Bandung Lautan Api 24 Maret 1946 dan didekasikan untuk 200.000 warga Bandung yang rela hartanya dibakar dalam peristiwa Bandung Lautan Api atas prakarsa Pangdam Siliwangi pertama, Kolonel Inf A.E. Kawilarang di tahun 1954.
Stadion milik Kodam III/Siliwangi ini pun digunakan untuk pembinaan jasmani para anggota Kodam III/Siliwangi. Seiring belum dimilikinya stadion yang lebih representatif di Kota Bandung untuk menggelar kegiatan olahraga yang besar, stadion dengan kapasitas sekitar 25.000 penonton tersebut seolah identik dengan kandang Persib Bandung. Pada 24 Maret 1956 Stadion Siliwangi diresmikan oleh Panglima Kawilarang. Dan juga diadakan pertandingan persahabatan antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta. Pada tahun 1961, Stadion Siliwangi digunakan sebagai tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) V yang diresmikan oleh Presiden Soekarno.
Saat ini, Stadion Siliwangi tidak digunakan oleh Persib karena sanksi larangan bermain di Stadion Siliwangi oleh PSSI, dan untuk sementara Persib bermain kandang di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kab. Bandung.
Berikut foto-foto Stadion Siliwangi:



Pintu Masuk Utama Stadion Siliwangi





Sudut-sudut Stadion Siliwangi

All Photos by: Haekal Adzani

12 Comments:

ifa said...

ulas yg jalak harupat, baw!

Anonymous said...

kalem fa, ke jalak butuh ongkos dan energi yang lumayan besar,,hahah

rivki proletariawan is come back

Anonymous said...

hehehe...gw baru ngeh kalo selama ini yang dipake cuma jalak harupat ajaa...sayang yah tu stadion siliwangi gak dipake..

pelangikecil said...

ALL ABOUT PERSIB!
hihiyy...

gahullss lah

usul, coba lebih banyak lagi dibahas mengenai sisi lain dari persib. tidak melulu soal pertandingan, karena persib bukan hanya sepakbola bukan?

kiky said...

good good, coba ada foto2 stadion pas lagi pertandingan, kan fotonya bisa lebih hidup,, heu,,,

Jurnal Persib Online said...

pelangi kecil, kalo anda simak wawancara kami dengan yoyo s adiredja dan hawe setiawan,,usul anda sudah kami laksanakan

Anonymous said...

punya stadion tpi g dipake sayang banget ya..
emang knpa persib kena sanksi
hehe maaf ya biz saya emang g pernah nton pertandingan bola ^^

yazid

Jurnal Persib Online said...

Persib gak punya stadion. siliwangi itu stadin punya kodam siliwangi, stadion persib atau biasa disebut stadion sidolig, juga bukan persib, tapi punya klub sidolig, klub perserikatan persib..

saat ini, proses pembangunan SOR Gedebage, sedang dilakukan,,,

indah tri novita dan inda astri andini said...

banyak yang udah mulai karatan yah!

maknyuss said...

yang jalak harupat juga diekspose dunn hehe . deket rumah saya tuh .. bagus loh tempatnya ..

Anonymous said...

dari awal saya d bandung
tapi lum pernah nonton persib
huahaua

Anonymous said...

Repetisi selalu indah dipandang untuk saya..
Dan, zona Siliwangi punya kenangan tersendiri bagi leluhur saya yang berdarah di sana..